Kamis, 19 September 2013

Murah, Mudah dan Indah Ya Santolo



Ingin liburan ke pantai dengan suasana yang tenang, pemandangan yang indah dan tentunya dengan biaya yang murah? Saat ini Anda tak perlu lagi memikirkan tentang Bali ataupun Lombok. Di Jawa Barat terdapat tempat wisata yang memiliki panorama eksotik dan sayang untuk dilewatkan dari daftar kunjungan perjalanan Anda. Pantai Santolo yang terletak di kawasan Pameungpeuk Garut adalah jawabannya.
Memang namanya terdengar sedikit asing karena pantai ini belum banyak diketahui dan dikunjungi oleh banyak orang. Letaknya tak terlalu jauh dari kota Bandung, hanya sekitar 150 km atau 80 km perjalanan yang bisa ditempuh dari pusat kota Garut. Perjalanan akan lebih leluasa jika menggunakan sepeda motor, kurang lebih 3-4 jam waktu yang dibutuhkan jika Anda melakukan perjalanan dari kota Bandung.
Ada dua jalur yang dapat dilalui dari Bandung menuju pantai Santolo. Pertama Anda dapat melewati daerah Garut, atau Anda dapat memilih jalur Bandung Selatan yang melewati Ciwidey. Jika Anda menggunakan motor, rasanya uang Rp. 50.000 sudah dapat menghandle biaya transportasi dari awal pemberangkatan hingga kembali ke rumah Anda.
Perjalanan dengan menggunakan sepeda motor menambah fantasi Anda menikmati panorama wisata yang memukau dengan keindahan alamnya. Udara segar dan pemandangannya yang menakjubkan membuat Anda terpesona untuk segera menyaksikan kejutan keindahan alam berikutnya di sepanjang perjalanan. Anda pun akan menyaksikan panorama keindahan alam Parahyangan. Dengan melewati jalur perkebunan teh, desa-desa tradisional khas Jawa Barat akan menjadi santapan mata Anda menuju Pantai di daerah Kota Garut ini. Selain itu, Anda juga dapat menyaksikan kegagahan Gunung Papandayan sebagai salah satu icon di Jawa Barat.
Di lokasi wisata, keindahan pantai Santolo sudah menanti Anda dengan suguhan yang mampu membuat Anda terpana. Pesonanya tidak kalah anggun dengan pantai-pantai lain yang ada di tanah air. Pasir putih dan ombak yang cukup besar di tambah dengan adanya batu-batu karang yang indah menambah kemolekan pantai ini.
Keindahan pantai Santolo menjelang terbitnya sang surya yang menyuguhkan panorama eksotik
Keindahan pantai Santolo dapat lebih terasa menakjubkan ketika matahari terbit dan juga terbenam. Anda akan disuguhi dengan pesona yang berbeda dengan pantai-pantai lain. Suasana pantai yang belum begitu ramai memberikan ketenangan batin tersendiri bagi setiap pengunjungnya, sehingga keasrian pantai terasa lebih nyata untuk dirasakan.
Masih ada satu keuntungan lagi yang bisa Anda dapatkan jika Anda memilih Santolo sebagai tempat tujuan rekreasi Anda. Selain pemandangannya yang indah, Anda tidak perlu mengeluarkan biaya yang cukup besar. Biaya penginapannya sangat murah meriah, harga yang ditawarkan  mulai dari Rp 50.000  hingga Rp 200.000 per malam. Kapasitasnya pun dapat dihuni oleh 3 orang bahkan  lebih untuk setiap kamarnya.
Untuk urusan perut, Anda tak usah khawatir. Di area pantai banyak tersedia warung-warung makan dengan biaya yang murah, sehingga tak perlu merogoh kocek Anda dalam-dalam. Salah satunya, Anda dapat menikmati hidangan seafood dengan harga di bawah Rp 50.000 saja.
Ada peristiwa unik yang dapat Anda saksikan di pantai ini. Di Pantai Santolo masih sering diadakan acara-acara ritual oleh warga setempat yang dinamakan hajat laut. Yakni sejenis pemberian sesajen berupa hasil bumi oleh warga setempat yang dihanyutkan ke tengah laut. Ini merupakan ungkapan rasa syukur kepada Tuhan yang telah memberikan hasil bumi yang melimpah. Acara ini biasanya diadakan 3 kali dalam satu tahun dan tergantung juga pada hasil panen yang dihasilkan warga. Jadi, jika Anda kebetulan kesana melihat ritual semacam ini, tak perlu heran. Anda dapat menyaksikan langsung ritual hajat laut sebagai bagian dari tradisi warga setempat. Menarik bukan? Makanya, tunggu apalagi? Mari bergegas pergi ke Santolo, liburan murah dan memuaskan.
Wartawan: Fauzan Fatahur Rizky
Editor: Fitri Lestari

Tidak ada komentar:

Posting Komentar