Kamis, 19 September 2013

Definisi Manajemen Menurut para Ahli




1.      Harold Koontz dan Cyrill O’Donnel
Manajemen merupakan usaha untuk mecapai tujuan tertentu melalui kegiatan orang lain sehingga diperlukan koordinasi terhadap kegiatan planning, staffing, directing dan controlling.
2.      Mulayu S.P. Hasibuan
Manajemen adalah ilmu dan seni mengatur proses pemanfaatan sumber daya manusia dan sumber-sumber daya lainnya secara efektif dan efisien untuk mencapai tujuan tertentu.
3.      Dr. Sp. Siagian dalam buku “Filsafat Administrasi”
Manajemen dapat di definisikan sebagai: “Kemampuan atau keterampilan untuk memperoleh suatu hasil dalam rangka pencapaian tujuan melalui orang lain”.
4.      Ordway Tead yang disadur oleh Drs. He. Rosyidi dalam buku “Organisasi dan Management“
Manajemen adalah “Proses dan kegiatan pelaksanaan usaha memimpin dan menunjukan arah penyelenggaraan tugas suatu organisasi di dalam mewujudkan tujuan yang telah ditetapkan”.
5.      Richard L. Daft (2002:8)
Manajemen adalah pencapaian sasaran-sasaran organisasi dengan cara yang efektif dan efisien melalui perencanaan pengorganisasian, kepemimpinan dan pengendalian sumber daya organisasi.
6.      T. Hani Handoko (2000:10)
Manajemen adalah bekerja dengan orang-orang untuk menentukan, menginterpretasikan, dan mencapai tujuan-tujuan organisasi dengan pelaksanaan fungsi-fungsi perencanaan, pengorganisasian, penyusunan personalia, pengarahan, kepemimpinan dan pengawasan.
7.      Menurut Marry Parker Follet
Manajemen adalah seni dalam menyelesaikan pekerjaan melalui orang lain.

8.      Millet (1954)
Management is the process of directing and fasilitating the work of people organized informal group to achieve a desire goal (Manajemen adalah proses memimpin dan melancarkan pekerjaan dari orang-orang yang terorganisir secara formal sebagai kelompok untuk memperoleh tujuan yang diinginkan).
9.      T.H. Nelson dan Prof. Oey Liang Gie
Manajemen adalah perpaduan ilmu dan seni.
10.  Davis (1951)
Management is the function of the executive leadership any where (Manajemen adalah fungsi dari setiap kepemimpinan eksekutif dimanapun).
11.  Kimball and Kimball (1951)
Management embraces all dities and function that pertain to the provicion of necessary is to operate and the selection of the principal office (Manajemen terdiri dari semua tugas dan fungsi yang meliputi penyusunan sebuah perusahaan, pembiayaan, penetapan garis-garis besar kebijaksanaan, penyediaan semua peralatan yang diperlukan dan penyusunan kerangka organisasi serta pemilihan para pejabat terasnya).
Kesimpulan:
Manajemen adalah suatu proses pengelolaan untuk mencapai sebuah tujuan tertentu dengan melakukan aktifitas perencanaan, pengorganisasian, penggerakan dan pengendalian/pengawasan.
Referensi:
Soedarsono, Dewi. 2009. Sistem Manajemen Komunikasi. Bandung: Simbiosa Rekatama Media.
http://putracenter.net

Tidak ada komentar:

Posting Komentar